Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Doktor Teologi
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dinyatakan dalam rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) (Permendikbud No. 3 tahun 2020: Pasal 5 (1)). Capaian Pembelajaran adalah kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja (Perpres No. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Capaian pembelajaran lulusan (CPL) dirumuskan oleh program studi berdasarkan hasil penelusuran lulusan, masukan pemangku kepentingan. CPL dirumuskan dengan mengacu pada jenjang kualifikasi KKNI dan SN-Dikti.
| CPL | Capaian Pembelajaran Lulusan |
|---|---|
| I. | Aspek Sikap (AS) |
| CPL-AS1 | a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius dan setia kepada Pancasila dan Konstitusi negara; b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; c. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; d. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; e. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; f. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; g. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; h. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; i. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
| CPL-AS2 | Mengembangkan sikap-sikap sebagai seorang leader dalam komunitas ilmiah dan dalam hidup bermasyarakat |
| II. | Aspek Pengetahuan (AP) |
| CPL-AP1 | Menguasai ranah metodologi penelitian teologis (the philosophy of theological research) dengan pendekatan-pendekatan mutakhir dan implementasinya dalam riset dan publikasi internasional bereputasi |
| CPL-AP2 | Menguasai falsafah ilmu teologi, paradigma-paradigma berteologi, teori-teori sosial terbaru yang terkait dengan metode berteologi dan mengembangkannya dalam riset-riset teologi kontekstual-dialogal-inkulturatif dan menerapkannya dalam konteks zaman ini. |
| CPL-AP3 | Menguasai teologi Konsili Vatikan II dan Pasca KV II serta menerjemahkan dalam pengembangan ilmu teologi bagi hidup pewartaan (kerygma), pelayanan (diakonia), kesaksian (martyria), perayaan (liturgia) Umat beriman di Indonesia dan dalam konteks Gereja Partikular dimana pun dan Gereja Universal. |
| III. | Ketrampilan Umum (KU) |
| CPL-KU1 | Mampu menyusun dan menghasilkan penelitian dalam produk disertasi dan kajian-kajian ilmiah terkait dengan temuan-temuan risetnya dalam perspektif multi-trans-interdisipliner di jurnal-jurnal internasional. |
| CPL-KU2 | Mampu melakukan pemetaan teologis pengalaman hidup umat beriman berdasarkan konsep teoritis, kritis, dan dapat dipertanggung jawabkan dan mampu menyusun argumen-argumen teologis baru untuk pengembangan disiplin ilmunya. |
| CPL-KU3 | Mampu mengkomunikasikan temuan-temuan teologis dan mengajarkannya kepada komunitas ilmiah dan masyarakat pada umumnya. Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam disiplin pengelolaan, pengembangan dan pembinaan organisasi atau instansi yang berada dalam tanggung jawabnya. |
| IV. | Ketrampilan Khusus (KK) |
| CPL-KK1 | Mampu memecahkan persoalan-persoalan terkait dengan dialog antara teologi dan ilmu pengetahuan serta peradaban hidup manusia modern. |
| CPL-KK2 | Mampu menyusun sintesis teologis dan menjabarkannya dalam arah kebijakan-kebijakan praktis bagi pengembangkan hidup Gereja dan umat beriman dan kehidupan bangsa. |
| CPL-KK3 | Mampu mengadaptasi dan mengkombinasi konsep dan metode-metode riset yang dikembangkan oleh disiplin lain melalui pendekatan inter, multi, atau transdisipliner bagi pengembangan dan pemutakhiran cara-cara berteologi serta mampu melakukan riset kolaboratif dengan sesama mahasiswa, dosen, maupun pihak-pihak di luar kampus baik di level nasional maupun internasional. |